Apa itu Adsense?

Adsense adalah layanan iklan dari google advertiser yang menguasai 80 persen di seluruh penjuru dunia. Sisanya yang 20 persen adalah iklan compagin kecil seperti buzzcity, propiler dan sejenisnya.

Adsense diterima

Perlu atau tidak menempatkan iklan Adsense dan sejenisnya?

Ini hanya masalah kebijakan pengembang situs, karena semua pengembang situs tidak melulu menjadi pemburu dollar di internet, banyak pengembang situs bersifat menjelaskan tentang usaha perusahaan tanpa perlu menempelkan ads lagi, beda halnya seperti blog perorangan yang notabene menyiarkan berita-berita atau makalah dari audensinya masing-masing.

Apa Keuntungam mempunyai Adsense?

  1. Bila sebuah blog dengan tujuan mencari uang di internet, maka tidaklah salah menggunakan adsense pada sebuah blog perorangan, banyak keuntungan yang didapat dari penggunaan ads dari google ini menjadi daya tarik menghias blog yang minim konten maupum gambar.
  2. Traffic blog akan meningkat karena adanya asupan dari server para compaign yang mengarah pada situs dengan menempelkan iklan dari google tersebut.
  3. Rasa bangga pada blognya jika ada iklan adsensenya, karena pada dasarnya membuat akun adsense ini perlu penilaian yang tidak kita ketahui kriteria dari pengembang, jika blognya bagus, maka akan disetujui, jika jelek, jangan harap.

Apa syaratnya membuat Adsense?

  1. Mempunyai sebuah blog atau situs.
  2. mempunyai gmail.
  3. Blog sudah mempunyai konten, tidak dijelaskam berapa jumlah konten sebagai perujuk agar akun diterima.
  4. Menghubungkan blog pada analystics google.

Keempat syarat dasar itu yang wajib kita miliki untuk membuat akun adsense sebagai pokok utama pendaftaran kita sebagai publisher, lantas apa cukup begitu saja? Oh tidak..! Jangan harap di setujui oleh empunya. Saya akan menjelaskam dari pengalaman pahit akun adsense ditolak .

Yang pasti setelah pendaftaran, saya menunggu hasilnya selama 2 hari, mendapat email “bahwa situs anda belum memenuhi kriteria untuk disetujui, ajukan kembali jika situs anda sudah siap”

Adsense ditolak

Tidak dijelaskan apa kriterianya hingga disuruh mengajukan ulang jika situs sudah siap, padahal dalam pikiran saya, blog saya sudah online sebulan lebih, dengan jumlah isi postingan delapan post 😆. Apanya yang dibilang belum siap? (masih mikir mode).

Saya mencoba memeriksa isi konten saya, apakah mengandung sara atau pornografi (emang google tau kalau sara😄) , disini ketemu masalah utamanya! Konten amat miskin, setiap postingan tidak lebih dari dua ratus karakter, sungguh ini postingan abal-abal dan copypaste dari situs lain, yah copypaste semua, dan postingan tahun 2010, yang saya update lagi di tahun 2019.

Konten baru yang seo agar diterima Adsense

Mulai ulang lagi menulis dengan tangan untuk membuat konten yang lebih panjang dengan minimal 500 karakter tanpa copy paste dari situs lain, membuat sampai 8 postingan baru dalam seminggu, menghapus semua postingan lama yang tanggalnya kadarluasa. Disini mulai optimis kalau-kalau daftar adsense akan diterima lebih mudah.

Babak kedua Mendaftar Adsense

Sebelum mendaftar ke Adsense, semua delapan postingan yang baru, saya biarkan selama satu Minggu agar terdeteksi dulu dalam penelusuran mesin google. Setelah itu saya coba mendaftar kembali seperti yang sudah-sudah, dan wal hasil setelah tiga hari mendapat email ..Alhamdulilah ya Rabbil Alamin.. akhirnya pengajuan kali ini ditolak lagi, keterangan situs (jungkir balik mbil nyengir😆)

Situs Anda belum siap untuk menampilkan iklan

Ada masalah yang harus diperbaiki agar situs Anda siap untuk menampilkan iklan.

Adsense Ditolak kembali

Penyebab Adsense ditolak Kembali

Saya tidak menyerah begitu saja, coba melihat kebelakang kembali apa penyebabnya, hingga dikatakan situs tidak dapat menampilkan iklan, ternyata cukup sepele masalahnya, saya tidak menempatkan kode iklan, karena saya sendiri belum tau kalau kode iklan harus diletakan selama masa review, selanjutnya kode tersebut saya pasang di situs saya, dan saya ajukan ulang untuk review kembali untuk adsense.

Saya ajukan kembali setelah menempelkan kode tersebut, walhasil ternyata belum bisa dipastikan juga untuk proses selanjutnya, dan didalam akum adsense terdapat keterangam seperti ini:

Menyiapkan situs Anda untuk menampilkan iklan

Harap bersabar. Proses ini biasanya membutuhkan waktu beberapa hari, tetapi terkadang bisa membutuhkan waktu hingga 2 minggu. Kami akan memberi tahu Anda setelah kami menjalankan beberapa pemeriksaan di situs.

Pastikan Anda tidak menghapus dan mengirimkan ulang situs yang sedang ditinjau karena hal ini dapat menunda prosesnya.

Sementara itu, Anda bisa menempatkan kode pada setiap halaman yang diinginkan untuk menampilkan iklan. Setelah pemeriksaan kami selesai, situs Anda akan siap untuk menampilkan iklan.

Jangan lupa, buka Iklan lalu pilih format iklan yang ingin ditampilkan.

Pelajari lebih lanjut kapan Anda dapat menampilkan iklan

proses agar adsense diterima

Ternyata harus sabar rupanya, karena sabar itu akan disayang Allah SWT, tapi belum tentu disayang google. Saya tunggu tidak lama kemudian dalam waktu 1×72 jam, ternyata ada perkembangan yang signifikan dalam akun adsense. Bahwa iklan anda siap.

Kesimpulan Membuat Adsense

Cukup sekian dari penjelasam saya menjelaskan panjang lebar dan membosankan, jadi pada intinya syarat diterima adsense tersebut iyalah konten blog harus agak panjangan minimal 500 karakter, mendaftarkan juha subdomain, dan yang terakhir jangan lupa, selama review wajib memasang kode iklan tersebut, agar adsense diterima.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *